SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1434H
.::SEMUA PENGUNJUNG BACA INI DULU::.

Sunday, March 25, 2012

TIPS MENGHEMAT BATERAI LEPTOP

alo sebelumnya aq menulis tentang lelucon bagaimana merawat baterai leptop, skrg saatnya bukan lelucon yaitu mengenai cara menghemat baterai leptop berdasarkan pengalaman penulis.
Baterai leptop cepat habis tentu saja karena banyak peripheral yang menyedot daya dari baterai. Apa saja yang harus dilakukan agar batere kita jadi setidaknya agak hemat....

1. MATIKAN WIFI , semua juga sudah tau kalo WIFI dalam keadaan hidup akan melakukan scanning dan akan memberi notifikasi bila ada WIFI yang tersedia. Wifi yang hidup ini juga memakan daya. Untuk mematikan perangkat wifi caranya yaitu:
Klik Kanan My Computer -> Manage -> Device Manager -> pilih Network Adapter -> klik kanan Nama dari device WIFI (kalo punyaku REALTEK RTL8187B Wireless 802.11/b/g bla..bla..) -> setelah klik kanan pilih DISABLE. Kalo mau mengaktifkan wifi tinggal klik kanan pilih ENABLE, tapi beberapa leptop skrg sudah ada tombol shortcut di kibor untuk mengaktifkan dan mematikan WIFI.

2. MATIKAN / CABUT DEVICE YANG TIDAK TERPAKAI, banyak device yang tidak terpakai tapi masih tertancap di leptop, ini jelas akan menguras daya. Contohnya yaitu Game Pad, terkadang setelah main game kita merasa malas untuk sekedar mencopot Game Pad USB, jelas ini akan mengurangi daya baterai, makanya kalo mau baterainya hemat harus cabut device uang kira2 bisa menyedot daya baterai.

3. MATIKAN SERVICES YANG TIDAK BERGUNA, services yang tidak berguna tentu akan memberatkan CPU dalam bekerja, makanya matikan services Windows yang kira - kira tidak terlalu berguna, seperti diantaranya,
  • Service Update, banyak services update yang berjalan bersamaan ketika windows dihidupkan, contoh services update yaitu, Adobe Flash Player Update, Automatic Update, dll. Tapi kalo kamu mau terus update software kamu ya gak usah dimatikan, tapi kalo kamu jarang sekali berinternet ria mending matikan saja services update.
  • Error Reporting Service, service yang satu ini juga selalu aku matikan krn memang aq gak pernah yang namanya melaporkan error yang terjadi pada windows.
  • QOS RSVP, service ini juga selalu aku matikan, di beberapa artikel tentang bagaimana mempercepat koneksi internet selalu salah satunya yaitu mematikan service QOS RSVP.
4. Saat kamu men-charge baterai leptop hingga full, maka sebenarnya kamu tidak usah mencabut adaptor dari leptop karena leptop jaman sekarang sudah cukup canggih dalam management power, bila baterai sudah full charge, maka power otomatis akan mengambil dari adaptor, jadi Baterai leptop akan berfungsi sebagai backup power, saat listrik mati maka power akan otomatis mengambil dari baterai.

Saya persilahkan pembaca menambahkan trik bagaimana menghemat baterai leptop by komen, nanti akan aq tambahkan pada postinganku di atas.

Artikel Terkait:

5 comments:

Anonymous said...

wah sangar..

ka said...

thx for info y^_

DragDaneRazorBagusDewe said...

kalo Battray laptop ku kok boros gimana caranya dulu aku pernah cabut dan ada gambarnya batray di silang (X)

thanx

cowobaex said...

@razor mungkin memang baterenya sudah lemah....

DragDaneRazorBagusDewe said...

waduh jadi kagak ada solusinya ya... coz aslinya laptop gwe tuh bertahan 4 - 6 jam tapi sekarang cman 2 bahkan 1,45 jam .... hadeh.....

*solusi donk bro

Post a Comment

Jangan nyepam ya...